cara mengecilkan perut buncit dengan sehat

Bukan hanya masalah penanmpilan dan rasa percaya diri yang dapat terganggu dengan terjadinya perut buncit, tetapi kondisi perut buncit dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti kolesterol, jantung dan masalah kesehatan pencernaan yang lainnya..

………..Meskipun mengecilkan perut buncit tidaklah mudah, tetapi dapat Anda ikuti petunjuk berikut ini agar perut ramping dan tentunya sehat…

Perut buncit disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Penyebab perut buncit disebabkan penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit.

Lemak ini dapat dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat. Lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut. Selain sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan.

Inilah Beberapa Penyebab Terjadinya Perut Buncit Yang Harus Dihindari

 

Apa yang menyebabkan perut buncit?

Seperti halnya obesitas pada tubuh, perut buncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik. Apabila Anda makan terlalu banyak dan kurang berolahraga, Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut.

Riwayat obesitas pada keluarga, kebiasaan merokok, dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. Usia tua dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit. Selain itu, bentuk tubuh yang seperti ‘apel’ cenderung menyimpan lemak di sekitar perut dibandingkan bentuk tubuh seperti ‘pir’.

Berikut Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Perut Buncit

#1 Mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak

kalori penyebab perut buncitBiskuit, kerupuk, keripik, dan berbagai makanan siap saji termasuk ke dalam jenis makanan yang tinggi kalori dan lemak. Jenis makanan ini dapat memicu peradangan pada tubuh, sementara lemak membandel pada perut terkait erat dengan peradangan. Sementara itu, kebanyakan bukti ilmiah menyatakan bahwa sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh, akan membantu mengurangi ukuran perut Anda. Dengan begitu, berusahalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak dengan jenis makanan yang lebih menyehatkan.

#2 Makan terlalu malam.

makan terlalu malam penyebab perut buncitMakan pada malam hari dapat mengganggu ritme sirkadian (jam biologis yang mengatur siklus tubuh manusia) dan mengubah hormon yang mengendalikan nafsu makan. Makan sebelum waktu tidur juga dapat memberatkan proses pencernaan, sekaligus memicu rasa kembung bahkan nyeri ulu hati. Hindari makan terlalu malam, apalagi saat tubuh merasa lelah, karena proses pencernaan makanan di dalam tubuh semakin melambat.

 

#3 Makan berlebihan.

makan berlebihan penyebab perut buncitUntuk menurunkan berat badan sekaligus lingkar pinggang, perhatikan asupan kalori per hari. Memangkas 500-1.000 kalori per hari serta meningkatkan aktivitas fisik, dapat mengurangi 0,5 hingga 1 kg per minggu. Meski demikian, pengurangan kalori ini sebaiknya melalui konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tidak mengalami kekurangan nutrisi.

#4 Stres berlarut-larut

stress penyebab perut buncitTuntutan pekerjaan, masalah keluarga, atau tagihan yang menumpuk, jangan biarkan tubuh mengalami stres. Terutama untuk kamu yang ingin menjaga perut tetap ramping, penting untuk mengetahui cara mengatasi stres. Sebab saat stres, kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Lama kelamaan keadaan tingginya kadar hormon kortisol ini menyebabkan penumpukan lemak perut dan membuat sel-sel lemak menjadi lebih besar.

 

#5 Kurang tidur

kurang tidur penyebab perut buncitTak hanya rasa kantuk sebagai efek yang diperoleh saat kurang tidur. Tidur malam kurang dari 6 jam juga dapat memengaruhi lingkar pinggang. Penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 70 ribu wanita menyebutkan, tidur 5 jam atau kurang setiap malam, mempertinggi risiko kenaikan berat badan 13 kg atau lebih. Disarankan untuk tidur sekitar 7-8 jam setiap malam.

#6 Mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan terkait dengan peningkatan ukuran lingkar pinggang dan peningkatan resiko terjadinya obesitas sentral (perut buncit) pada laki-laki. Selain itu, banyak jenis alkohol yang tinggi kalori, misalnya pada segelas bir terkandung sekitar 150 kalori. Minuman beralkohol tersebut sangat mudah diminum berlebihan sehingga tubuh memperoleh kelebihan kalori.

Bagaimanakah perut buncit yang berbahaya?

Ukurlah lingkar pinggang Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki obesitas perut. Anda dapat menggunakan meteran yang dilingkarkan di perut Anda. Posisi meteran adalah sejajar ujung tulang panggul dan pusar.

Seorang laki-laki dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang melebihi 90 cm. Sedangkan pada perempuan, di atas 80 cm.

Bahaya yang Ditimbulkan oleh Penimbunan Lemak Perut

Bagi Anda yang memiliki perut buncit karena kebanyakan lemak, sebaiknya waspada. Pasalnya ada sejumlah risiko yang bisa mengganggu kesehatan.

Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Senyawa-senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah asam lemak bebas. Senyawa ini akan masuk ke dalam hati dan kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik. Itulah mengapa perut buncit dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi. Selain itu, asam lemak bebas juga menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah, meningkatkan risiko diabetes.

Selain itu, lemak pada perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung. Hal ini karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin.

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit Yang Dapat Dilakukan

 

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, lemak viseral adalah lemak yang banyak berperan pada timbulnya perut buncit. Berbeda dengan lemak subkutan yang berada dekat dengan kulit, lemak ini berada di sekitar organ dalam, sehingga sulit untuk dihilangkan.

Anda dapat mengencangkan otot perut Anda dengan sit-up atau gerakan lainnya, tetapi dengan hanya melakukan latihan-latihan itu tidak akan menyingkirkan perut buncit secara bermakna. Tetapi, cara mengecilkan perut buncit bisa Anda lakukan dengan memakai strategi kombinasi diet dan olahraga yang ditujukan untuk mengurangi berat badan dan mengurangi lemak tubuh total. Hingga saat ini intervensi yang khusus dapat menurunkan lemak viseral belum ada yang terbukti efektif.

Meskipun mengecilkan perut buncit bukan perkara mudah, Anda tetap perlu berusaha mengatasi perut buncit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Kurangi konsumsi minuman beralkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit.
  2. Hindari stres karena dapat memicu perut buncit. Apabila Anda memiliki masalah, cobalah bermeditasi, lakukan relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekat Anda.
  3. Tidur yang cukup juga dapat membantu mengecilkan lemak pada perut. Lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang jika tidur setidaknya 6-7 jam.
  4. Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalorinya. Untuk meminimalisasi lemak pada perut, Anda perlu mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Konsumsi kalori setidaknya dikurangi 500-1000 kalori per hari dari total kebutuhan. Kurangi karbohidrat dan mulai mengonsumsi banyak sayuran, buah, produk susu rendah lemak, produk biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.
  5. Perbanyak aktivitas fisik. ­Kurangnya aktivitas dapat membuat Anda kesulitan mengecilkan perut buncit. Mulai biasakan melakukan olahraga, dengan kombinasi latihan ketahanan dan cardio. Jika sudah tidak bisa melakukan aktivitas olahraga berat, cobalah rutin berjalan kaki atau yoga.

Mengecilkan perut buncit memang bukanlah hal yang mudah, tapi bukan pula berarti Anda berhenti berusaha mengurangi lemak di dalam tubuh Anda. Mulailah untuk menjalani hidup sehat dengan menjaga konsumsi makanan Anda, mengubah gaya hidup, dan rajin melakukan olahraga.

Dikutip dari http://alodokter.com/

 Fiforlif Juice Fiber Solusi Tepat Mengecilkan Perut Buncit Dengan Sehat

fiforlif mengecilkan perut buncit dengan sehat

Fiforlif arau fiber for our life merupakan minuman juice rasa blackurant kaya akan serta dan bernutrisi tinggi. Dengan melalui detoksifitasi racun tubuh yang utama melalui pencernaan, maka fiforlif satu-satunya cara mengecilkan perut buncit dengan cepat juga sehat yang dapat dilakukan.

Fiforlif adalah sebuah minuman juice yang kaya akan serat dan bernutrisi tinggi. PRODUK FIFORLIF dibuat dari paduan bahan-bahan yang telah digunakan sejak zaman dahulu dan dengan kualitas terbaik.

Mengapa serat dan nutrisi? Ya sebab bahan-bahan itu sangat tepat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan khususnya colon (usus besar) anda melalui proses detoksifikasi bernutrisi tinggi. Kandungan Goji Berry dan Vitamin Premix – nya misalnya, sangat baik untuk membuat organ tubuh kembali bekerja dengan baik.

Perlu kita ketahui bahwa usus manusia adalah salah satu penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Usus tidak jarang mengalami kontaminasi bahan-bahan makanan kimia yang mengandung pengawet, junk food. Apalagi tanpa kita sadari begitu banyak di antara kita mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna, pengawet dan zat-zat berbahaya lainnya.

Banyak penelitan menyatakan orang-orang yang mengaku sehat setelah diperiksa di dalam ususnya tetap mengendap kotoran dan toksin yg berpotensi menjadi sumber penyakit seperti, sakit kepala, lesu, lelah, darah tinggi, sulit tidur, perut buncit, kerap bermimpi, nafas bau, kepanasan, kembung, penyakit pingang, penyakit hati dll.

PRODUK FIFORLIF menjawab kebutuhan kesehatan usus (colon) kita, tidak hanya bermanfaat untuk detox (mengeluarkan racun dari dalam usus) tapi juga tidak kalah penting adalah memberi nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dengan kandungan fiforlif yang luar biasa.

….mengenal lebih jauh tentang produk fiforlif, baca halam berikut : Fiforlif Solusi Sehat Pencernaan Dan Atasi Perut Buncit.

Yuk…mulai dari sekarang ubah gaya hidup lebih, dan kemudian nikmati tampilan perut lebih ramping dan sehat seperti yang kamu idam-idamkan.

5+ Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami & Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!